Sunday 10 November 2013

SENTRA TERIPANG DI WILAYAH KENJERAN RT 4 RW 2 KECAMATAN BULOK KELURAHAN SUKOLILO SURABAYA

Kenjeran salah satu wilayah yang terletak di timur Surabaya, salah satu potensi yang terkenal di daerah tersebut adalah hasil olahan teripang, mulai dari cara menangkap sampai pengolahannya yang nampaknya menjadi produk yang paling banyak dijual di dalam area wisata pantai maupun di sepanjang jalan setelah pintu masuk pantai kenjeran baru. · dari sekitar 20-an toko, jenis kerupuk yang dijual relatif sana sedangkan teripang adalah hewan laut yang bentuknya seperti lintah berukuran jauh lebih besar. Namun, ketika sudah menjadi kerupuk, ukurannya tak lagi besar. “sebab isi perut teripang itu sebagian besar cuma air dan lumpur,” ujar salah satu isteri nelayan yang siang itu sedang membersihkan teripang. Ciri binatang terung berwarna putih, bundar dengan permukaan yang lunak.


Salah satunya narasumber yang bernama pak Tauhid, beliau sudah lama menjadi penangkap teripang dengan alat pengkap yang bernama ‘garit’  ditarik dari belakang dengan perahu, biasanya bulan maret paling banyak hasil yang di dapat. Pahit manis sebagai nelayan teripang sudah dirasakan oleh bapak 3 anak ini walaupun begitu hasil yang didapat cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya disamping itu peran pemerintah dengan membantu nelayan teripang seperti beras, bbm dan sembako sangat dianjurkan guna kelangsungan hidup nelayan kenceran terangnya.

Untuk kegiatan pengolahan teripang harus diproses secara khusus. Setelah dari laut di belah tengahnya untuk menghilangkan kotorannya setelah itu di cuci dan direbus tanpa air, guna mengeluarkan air yang berada di dalam tubuh teripang setelah itu ditiriskan, tahap selanjutnya teripang di bolak-balik dan dicuci direbus lagi dengan air sampai kenyal dan kaku, selah itu diangkan dan dijemur, tahap selanjutnya diangin-anginkan serta pencabutan otot teripang’ bagian ini yang memliki nilai ekonomis yang tinngi kata “ibu masnah”  narasumber kita ’ dijemur lagi baru seleh itu di goreng.
Tidak ada penyuluhan tentang perikanan untuk pengolahan teripang akan tetapi penyuluhan tentang pengolahan teri, udang dan lain-lain yang di lakukan oleh pemerintah “terang bu Sateni”. Ironisnya jika tidak ada kegiatan pengolahan teripang makan ibu-ibu yang berada di kenjeran terpaksa menganggur. Begitulah kegiatan potensi sumber daya pesisir yang berada di wilaya surabaya.

Untuk Lebih Jelasnya Lihat Video dibawah ini :






3 comments:

  1. liputan ttg komoditi lain yang ada di pamurbaya (panyai timur surabaya) selain teripang perlu juga dibuat dan dishare....

    ReplyDelete
  2. Maaf saya pengrajin tali rumpon berbagai mcm tali ,, barang kali butuh tali rumpon bisa hubungi no ini .082138014379.. Barang berkualitas hrg terjakau..

    ReplyDelete
  3. Nomer mana yg bisa dihubungi.mau beli online

    ReplyDelete