Wednesday 2 September 2015

Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Lamongan

Oleh :  Nurul Rosana

Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong adalah salah satu pelabuhan perikanan nusantara yang ada di Jawa Timur.  Sebagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap yang bertanggungjawab kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No.PER 06/MEN/2007 Tanggal 25 Januari 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pelabuhan Perikanan), menjalankan aktivitas bongkar muat dan pemasaran hasil perikanan rata-rata 30 - 150 ton per hari.  
Lokasi Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong terletak di Kel. Brondong, Kec. Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur dengan posisi koordinat secara geografis pada 06o 53’ 30, 81” LS dan 112o 17’ 01, 22” BT.


PPN Brondong Lamongan Jawa Timur
Sumber :  Google Map, 2015
PPN Brondong sebagai titik temu  (terminal point) yang menguntungkan antara kegiatan ekonomi di laut dengan kegiatan ekonomi di darat telah terbukti mampu melakukan revitalisasi terhadap fungsi dan peranannya sehingga menjadikannya sebagai ”Centre of Excelence” bagi pengembangan perikanan tangkap serta sebagai pusat pembinaan nelayan dan industri pengolahan hasil perikanan (Profil PPN Brondong, 2013).

Aktivitas bongkar muat kapal berasal dari daerah disekitar Lamongan, antara lain Brondong, Blimbing, Kandang Semangkon dan Palang. Selain itu, pelabuhan ini bekerjasama dengan pusat pendaratan ikan yang ada di Lamongan seperti PPI Weru, PPI Kranji dan PPI Lohgong.

Fungsi PPN Brondong, esuai dengan Undang-undang No. 45 Tahun 2009 perubahan atas Undang-undang No. 31 Tahun 2004 tentang perikanan, Fungsi pelabuhan perikanan dalam mendukung kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya antara lain :
a.   Pelayanan tambat dan labuh kapal perikanan;
b.   Pelayanan bongkar muat;
c.   Pelayanan pembinaan mutu dan pengolahan hasil perikanan;
d.   Pemasaran dan distribusi ikan;
e.   Pengumpulan data tangkapan dan hasil perikanan;
f.   Tempat pelaksanaan penyuluhan dan pengembangan masyarakat nelayan;
g.   Pelaksanaan kegiatan operasional kapal perikanan;
         h.   Tempat pelaksanaan pengawasan dan pengendalian sumber daya ikan;
         i.    Pelaksanaan kesyahbandaran;
         j.   Tempat pelaksanaan fungsi karantina ikan;

Berdasarkan (Direktorat Jenderal perikanan,1992), PPN Brondong adalah sebagai pusat kehidupan masyarakat nelayan dan pusat kegiatan industri perikanan :
a) Peranan pelabuhan perikanan yang berkaitan dengan aktivitas produksi, antara lain : tempat mendaratkan hasil tangkapan perikanan, tempat untuk persiapan operasi penangkapan (mempersiapkan alat tangkap, bahan bakar, air, perbaikan alat tangkap, ataupun kapal), tempat untuk berlabuh kapal perikanan.
b) Sebagai pusat distribusi, antara lain: tempat transaksi jual beli ikan, sebagai terminal untuk mendistribusikan, sebagai terminal ikan hasil laut.
c) Sebagai pusat kegiatan masyarakat nelayan antara lain sebagai pusat : kehidupan nelayan, pengembangan ekonomi masyarakat nelayan, lalu lintas dan jaringan informasi antara nelayan dengan pihak luar.


Jenis ikan hasil tangkapan yang didaratkan di PPN Brondong antara lain adalah : Manyung, Kuwe, Layang, Bawal Hitam, Tembang, Lemuru, Beloso, Peperek, Lencam, Kakap Merah, Kurisi, Tongkol, Kembung, Tenggiri, Kerapu, Layur, Cucut, Pari dan Cumi cumi.  Selain dipasarkan di wilayahnya sendiri, ikan hasil tangkapan dipasarkan ke beberapa daerah antara lain : Surabaya, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta dan Bali.

Jasa pelayanan di PPN Brondong antara lain adalah : adanya pelelangan ikan, bongkar muat hasil tangkapan, pengisian BBM, perbaikan kapal, tambat labuh dan pengisian perbekalan air, es dan garam.  Pelayanan untuk pengolahan ikan terdapat tempat pengolahan dan penyimpanan ikan.  Untuk masyarakat umum juga disediakan penyewaan area lahan pelabuhan sebagai tempat usaha, penyediaan darana penangkapan dan pembinaan nelayan.  Secara kelembagaan di PPN Brondong terdapat asosiasi usaha bersama dan kelompok nelayan.

Beberapa fasilitas pokok, funsional dan penunjang di PPN Brondong adalah sebagai berikut :


Dermaga

Dok perbaikan kapal ikan

Fasilitas jalan di PPN Brondong

Kantor Syahbandar

KUD Mina Tani

Pabrik Es


Pos Jaga

Puskesmas

Tanki BBM

Tempat perbaikan jaring

Tempat Pelelangan Ikan


Aktifitas nelayan di TPI



No comments:

Post a Comment