Wednesday 2 September 2015

Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi Trenggalek Jawa Timur

Oleh : Nurul Rosana

     PPN Prigi adalah salah satu pelabuhan perikanan di Jawa Timur yang terletak di wilayah selatan.  PPN Prigi terletak di Desa Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek Kab. Trenggalek Jawa Timur. Jenis armada penangkap ikan yang beroperasi di PPN Prigi disominasi oleh perahu motor tempel 30-50 GT. Jenis alat tangkap yang beroperasi di PPN Prigi adalah : payang, pukat cincin, pukat pantai, jaring insang hanyut, jaring klitik, pancing ulur, pancing tonda dan trammel net.
    
Lokasi PPN Prigi, Trenggalek
Sumber : Google Map, 2015
    Jenis ikan hasil tangkapan yang  didaratkan di PPN Prigi adalah : Manyung, Ekor kuning, Selar, Kuwe, Layang, Bawal Putih, Teri, Layaran, Kurisi, Tongkol, Kembung, Cakalang, Tenggiri, Madidihang, Kerapu, Layur, Cumi cumi dan Pari. Ikan hasil tangkapan dipasarkan diwilayahnya sendiri sampai eksport.  Ikan hasil tangkapan dipasarkan antara lain ke Nganjuk, Malang, Jombang, Tulung Agung, Surakarta, Tegal dan Jogjakarta.  Eksport dilakukan ke Cina.  Jenis ikan yang dieksport adalah ikan Layur.
     
     Jasa pelayanan di PPN Prigi antara lain adalah pelelangan ikan, bongkar muat hasil tangkapan, pengisian BBM, perbaikan kapal, tambat dan labuh kapal dan pengisian perbekalan untuk operasi penangkapan. Dalam hal pelayanan pengolahan ikan, di PPN Prigi  tersedia tempat pengolahan ikan, pengendalian kualitas ikan dan produk ikan, penyimpanan ikan, pengangkutan ikan, laboratorium riset dan pengepakan ikan. Pelayanan bagi masyarakat umum, tersedia koperasi, wisata bahari, penyewaan area lahan pelabuhan, penyediaan sarana penangkapan dan pembinaan nelayan/keluarga nelayan. Pihak pelabuhan juga menyediakan sarana keselamatan pelayaran, keamanan, pengawasan perikanan dan pendataan hasil tangkapan. Beberapa jenis kegiatan kelembagaan yang dilakukan di PPN Prigi antara lain : adanya asosiasi nelayan, kelompok usaha bersama, koperasi nelayan dan lembaga keuangan mikro (koperasi).

Tempat penjemuran jaring

Breakwater

Bengkel

Kolam pelabuhan

Fasilitas jalan

Kantor PPN Prigi

Balai pertemuan

Kapal ikan

Pos keamanan

Fasilitas pengisian BBM

Bangsal pengolahan ikan




No comments:

Post a Comment